Cara Mengganti Blogspot.com Menjadi Domain Sendiri

Cara Mengganti Blogspot.com Menjadi Domain Sendiri - ini merupakan sebuah metode atau cara di mana kita bisa mengganti nama blog kita yang tentunya kita telah membuatnya melalui blogspot. Tutorial ini khusus bagi anda yang sudah memiliki blog di blogspot dan ingin mengganti nama blog anda menjadi .com, .net atau akhiran domain yang lainnya. Misalkan di sini saya mengganti nama blog saya yang sebelumnya indriya-angga.blogspot.com menjadi www.anggaindriya.net.

Cara Mengganti Blogspot.com Menjadi Domain Sendiri

Selain memberikan kesan yang berbeda dari blog kita, ternyata mengganti blogspot menjadi .com ini sangat mempengaruhi SEO di google maupun di mesin telusur lainnya. Dengan kata lain blog kita lebih mudah ditemukan oleh mesin telusur karena namanya yang lebih singkat dan unik. Dan juga blog kita terlihat lebih professional dimata pengunjung blog.

Anda tidak bisa mengganti blogspot menjadi .com bila anda belum memiliki blog sebelumnya. Maka dari itu untuk mengikuti tutorial ini saya sarankan anda untuk membuat blog terlebih dahulu. Untuk memudahkan anda dalam membuat blog, saya sudah mempersiapkan tutorialnya yang bisa anda baca melalui link yang sudah saya persiapkan di bawah ini.

Baca juga: Cara Membuat Blog Pribadi di Blogspot

Cara Mengganti Blogspot.com Menjadi Domain Sendiri

Tutorial yang saya berikan ini tentang cara mengganti blogspot menjadi .com ini saya berikan berdasarkan pengalaman saya saat mengganti domain blog ini. Jadi anda tidak perlu kuwatir karena semua yang saya bagikan ini sudah saya lakukan dan berhasil. Oke silahkan anda simak dan ikuti langkah demi langkahnya berikut ini.

*) Jika sudah memiliki domain, anda bisa lewati langkah no 1

1. Siapkan nama domain yang akan anda gunakan terlebih dahulu.

Pada tahap ini anda bisa membeli nama domain yang anda inginkan di salah satu penyedia domain seperti idwebhost, rumahweb, idhostinger, dsb masih banyak lainnya. Anda bisa membelinya di salah satu dari mereka. Jika sudah lanjut ke no.2.

2. Masuk ke dashboard blogger

Jika anda sudah mempersiapkan nama domain, silahkan masuk ke dashboard dan klick Setelan > Dasar seperti gambar di bawah yang dilingkari biru no 1

Cara Mengganti Nama Domain Blogger Tanpa Blogspot

Lalu pada Alamat Blog klik saja siapkan URL pihak ke 3 untuk blog Anda dan isi sesuai nama domain yang sudah anda persiapkan sebelumnya. Kalau dalam kasus saya nama domainnya adalah www.anggaindriya.net

Cara Mengganti Nama Domain Blogger Tanpa Blogspot

Jika terjadi error jangan panik, itu wajar karena domain anda yang baru belum disinkronkan dengan blogger. Untuk mengatasinya perhatikan dua baris yang dilingkari merah karena itu nanti yang akan digunakan untuk setting domain kita lalu buka tab baru tanpa menutup tab yang membuka settingan di blogger. Masuk ke website dimana anda membeli domain dan silahkan melakukan pengubahan DNS domain anda. Dalam tutorial ini saya menggunakan idwebhost.

3. Setting DNS Nama Domain Kita

Tahap ini kita akan mengkonfigurasi nama domain kita agar bisa diakses oleh blogger. Untuk itu masuk ke akun website dimana anda membeli nama domain dan setting name servernya seperti gambar di bawah ini. Ingat ini adalah tampilan setting DNS jika anda membeli domain di idwebhost dan tentu akan berbeda tampilannya jika anda membelinya ditempat lain seperti niagahosting, rumahweb maupun yang lainnya.

Cara Mengganti Nama Domain Blogger Tanpa Blogspot

Pastikan isi Name Server 1 = ns1.idwebhost.id dan Name Server 2 = ns2.idwebhost.id
Jika sudah silahkan klik save nameservers

Cara Mengganti Nama Domain Blogger Tanpa Blogspot

Lalu klik tab Alat Pengelolaan dan pilih Kelola DNS seperti yang dilingkari merah pada gambar di atas.

Cara Mengganti Nama Domain Blogger Tanpa Blogspot

Isi yang dilingkari biru:
Nama Host: @
Jenis Record: A(Address)
Alamat: 216.239.32.21
Priority: (kosongkan)
>>Klik Simpan Perubahan
Setelah anda klik simpan perubahan, akan muncul baris baru dan isi seperti sebelumnya cuma bedakan alamatnya. Berikut alamat lengkapnya 1 - 4
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21


Lalu isi yang dilingkari kuning dengan dua baris kode error dari halaman blogger anda tadi.
Jika semuanya sudah disimpan, tunggu 5 - 10 menit lalu ulangi langkah no 2 di atas dan pastikan sudah tidak ada error lagi pada tahap ini. Namun jika masih ada error, anda bisa tanyakan kepada saya melalui komentar dan saya akan sangat senang bila bisa membantu orang lain.

Baca juga: Cara Mendaftar Google Adsense Agar Cepat Disetujui

Demikian postingan saya tentang Cara Mengganti Blogspot.com Menjadi Domain Sendiri yang bisa anda jadikan referensi mengganti blogspot anda menjadi lebih keren. Jika ada postingan yang kurang tepat silahkan beri tahu saya melalui kolom komentar dan saya akan memperbaikinya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan

Ada saran, kritik atau pertanyaan? Slahkan komentar