Apa itu Mysql Workbench Beserta Fungsinya

Apa itu Mysql Workbench - Dalam dunia pemrograman pasti kita tidak lepas dari sebuah penyimpanan yang sering dikenal sebagai database. Anda bisa menggunakan database untuk menyimpan konten-konten yang anda butuhkan dalam membuat sebuah program aplikasi. Banyak pilihan database yang bisa anda gunakan untuk menyimpan data-data program yang sedang anda kembangkan mulai dari yang gratis sampai dengan yang berbayar. Bagi anda yang baru belajar pemrograman saya sarankan untuk menggunakan database yang gratis seperti MySql.

Apa itu Mysql Workbench

Database MySql sangat saya sarankan karena kemudahan dalam menggunakannya apalagi dengan adanya Mysql Workbench yang bisa anda gunakan sebagai antarmuka atau lebih dikenal sebagai Mysql Client. Meskipun database ini bersifat gratis, fitur dan keamanannya tidak kalah dengan database yang berbayar. Itu dibuktikan dari banyaknya perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan Mysql sebagai media penyimpanannya.

Dengan kemudahan dalam penggunaan mysql workbench itu sendiri anda akan lebih mudah dalam mengelola database mysql anda. Mulai dari membuat database, membuat table, input data, edit data serta hapus database kini semuanya bisa anda lakukan dengan mudah. Cukup klik sana klik sini lalu perintah yang anda inginkan akan segera dijalankan.

Apa itu Mysql Workbench

Mysql Workbench merupakan sebuah tool yang memiliki user interface yang biasa digunakan oleh arsitek database, developer maupun Database Administration dalam mengelola database agar lebih memudahkan pekerjaan mereka. Mysql Workbench menyediakan pemodelan data, pengoperasian perintah sql dan alat untuk administrasi data yang sangat ringan dan mudah digunakan.

Bagi anda yang belum tahu apa itu Mysql Workbench maka saya sarankan anda untuk mencobanya terlebih dahulu. Download saja aplikasinya di situs mysql workbench yang merupakan aplikasi resmi dari database mysql itu sendiri. Sebagai pengguna linux saya merasa beruntung karena aplikasi ini sudah bisa di install di linux. Selain tersedia untuk linux, aplikasi mysql workbench juga tersedia untuk windows dan OSX sehingga anda bisa mendownload aplikasinya sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan.

Fungsi Mysql Workbench

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa mysql workbench merupakan sebuah tool untuk manajemen database. Tentu saja fungsi dari tool ini adalah untuk memudahkan anda sebagai seorang developer, arsitek database maupun database administrator untuk mengelola database yang ada di server. Anda tidak perlu lagi menggunakan command line untuk menghubungkan database yang ada di server dengan komputer anda. Selain kemudahan dalam menjalankan perintah-perintah sql anda juga lebih mudah dalam melihat struktur database program aplikasi anda.

Baca juga: Mengenal lebih dalam apa itu MySql dan MySqli

Demikian penjelasan saya tentang Apa itu Mysql Workbench dan fungsi Mysql Workbench itu sendiri yang bisa saya bagikan sesuai dengan apa yang saya ketahui. Apabila ada yang masih kurang paham atau ada yang mau menambahi penjelasan ini silahkan berkomentar saja di bawah postingan ini.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan

Ada saran, kritik atau pertanyaan? Slahkan komentar