Contoh Program Pascal Membuat Program Hello World Sederhana

Assalamualaikum Wr. Wb. Dear para calon programmer muda atau siapapun yang ingin belajar untuk menjadi seorang programmer atau bahkan Anda yang sedang mencari-cari Contoh Program Pascal Sederhana untuk melengkapi tugas dari dosen, saya akan mencoba memberikannya untuk Anda. Kali ini kita akan belajar membuat sebuah program Hello World dengan menggunakan bahasa pemrograman pascal

contoh program hello world pascal

Perlu anda ketahui bahwa program pascal ini biasanya digunakan untuk menguatkan logika pemrograman para mahasiswa baru di beberapa kampus di Indonesia. Untuk itu saya rasa dengan mempelajari bahasa pemrograman pascal ini akan membuat logika pemrograman anda lebih kuat. Sehingga anda akan lebih mudah dalam mempelajari bahasa pemrograman lain untuk kedepannya.

Selain memberikan contoh program pascal di blog ini, saya juga memiliki beberapa postingan yang membahas tentang bahasa pemrograman lainnya. Bila anda tertarik untuk mempelajari bahasa pemrograman yang lain untuk memperkuat logika pemrograman anda atau menambah wawasan anda maka sarankan anda untuk mencarinya melalui menu navigasi yang ada pada blog ini.

Baca juga: Contoh Program C++ Mencari Luas Persegi

Contoh Program Pascal Membuat Program Hello World Sederhana

Program ini sangat sederhana dan tanpa menggunakan logika program sedikitpun. Bagi Anda yang sudah mulai tidak sabar untuk segera menikmati code dari program pascal ini, silahkan dilihat dibawah ini. Ya inilah tampilan codenya, silahkan diketik atau bila Anda malas untuk mengetik, Anda dipersilahkan untuk mengcopinya saja.


PROGRAM helloworld;
uses wincrt;
begin
writeln('Hello World');
End.

Setelah Anda selesai mengetik program pascal hello world di atas, silahkan Anda compile dan run program Anda tersebut. Perhatikan di layar komputer Anda, bila di layar komputer Anda tampil tulisan Hello World, itu berarti program pascal pertama Anda sudah berjalan dengan baik dan Anda patut berbangga dengan apa yang Anda lakukan itu. Namun jika ada penulisan code yang salah, biasanya akan ditunjukkan baris code yang salah tersebut dengan beberapa keterangan di bawahnya.

Baca juga: Contoh Program C++ Cara menggunakan If Else If

Sekian dulu belajar kita tentang membuat program Hello World dengan bahasa pascal, bila ada yang dipertanyakan silahkan tulis pertanyaan Anda di kolom komentar yang sudah disediakan. Terimakasih sudah mau belajar.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan

Ada saran, kritik atau pertanyaan? Slahkan komentar