Pahala dan Manfaat Berqurban

Pahala dan Manfaat Berqurban

PAHALA DAN MANFAAT BERQURBAN BERKURBAN

Alhamdulillah Saya masih diberikan kesehatan oleh Allah SWT sehingga bisa berbagi artikel lagi dengan Anda semua. Kali ini Saya ingin berbagi sebuah artikel tentang Pahala dan Manfaat Berqurban. Mungkin banyak yang bertanya apa pahala dari berkurban? apa manfaat berkurban?

Nah saat ini kita telah masuk idul adha (hari raya kurban),sangat tepat dan pas untuk membahas kurban.

Mengenai besarnya pahala berqurban, sahabat Ali r.a mengatakan :"barangsiapa berangkat dari rumah hendak membeli hewan qurban,maka setiap langkahnya memperoleh 10 kebaikan dan dihilangkannya 10 keburukan,serta dinaikan 10 derajat..."(jawahir zadah)

Nabi Muhammad SAW bersabda kepada Aisyah : "hai aisyah, majukanlah hewan kurbanmu dan saksikanlah, sebab sejak tetes pertama darah hewan kurban itu jatuh ke bumi, Allah SWT mengampuni dosa-dosamu yang terdahulu." jawab Aisyah : "apakah hal itu khusus bagi kami ataukah bagi umumnya orang mukmin, ya Rasul? beliau menjawab : "ya berlaku bagi kami dan umumnya kaum mukmin". wahab bin munabbih berkata: nabi daud as, berkata "Ya Allah, sebesar apakah pahala orang yang berkurban dari umat nabi muhammad saw?"

jawabNya : "aku memberi pahala kepadanya, setiap bulu dari badan hewan kurbannya 10 kebaikan,aku hapus 10 keburukan,serta kunaikan 10 derajat, baginya setiap rambut menjadi gedung di surga, seorang bidadari yang ayu dan kendaraan bersayap berkecepatan tinggi, ia kendaraan ahli surga..."(zahratul riyadl)

Nabi Muhammad SAW bersabda: "siapa shalat seperti yang kulakukan, dan beribadah haji seperti yang kulakukan, berarti ia termasuk golonganku. Dan siapa tidak shalat sebagaimana yang aku lakukan, dan enggan berqurban, berarti ia bukan jama'ahku, jika ia termasuk orang kaya."

Diriwayat lain beliau juga bersabda : "ingatlah bahwa kurban itu termasuk amal-amal penyelamat, yang menyelamatkan pemiliknya dari kejelekan dunia dan bahaya di akherat"(zubdatul wa'idhin)

Mengingat begitu besarnya pahala berkurban, hendaknya kita segera berkurban jika sudah punya kelebihan rizki. Selain sebagai kendaraan kita di hari akherat nanti, berkurban juga sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap orang-orang yang tak mampu, terutama bagi mereka yang tak mampu membeli daging.

Diantara Manfaat Berqurban antara lain:

1. Menghidupkan sunnah Nabi ALLAH, Ibrahim a.s.,
2. Mendidik jiwa ke arah taqwa dan mendekatkan diri kepada ALLAH.
3. Mengikis sifat tamak dan mewujudkan sifat murah hatu dan berjihad di jalan ALLAH.
4. Menghapuskan dosa dan mengharap keridhaan ALLAH.
5. Menjalinkan hubungan kasih sayang sesama manusia.

Demikian artikel Saya tentang Pahala dan Manfaat Berqurban yang dapat Saya bagikan kepada Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan

2 comments

Write comments
Itad
AUTHOR
October 19, 2013 at 7:18 AM delete

nice! keep writing, angga.

Reply
avatar
Angga Indriya
AUTHOR
October 21, 2013 at 11:13 AM delete

Terimakasih atas kunjungan baliknya, Murdiati...
Blog kamu artikelnya bagus2...
Terus berkarya ya...

Reply
avatar

Ada saran, kritik atau pertanyaan? Slahkan komentar