Mengenal lebih dalam apa itu MySql dan MySqli

Mengenal lebih dalam apa itu MySql dan MySqli - Sebagai seorang developer tentu saja anda sangat diharapkan untuk dapat membuat sebuah aplikasi komputer yang memiliki performa yang baik. Untuk mendapatkan performa aplikasi yang baik dibutuhkan banyak faktor yang bisa mempengaruhinya. Salah satu faktor yang sangat penting adalah database dimana anda akan meletakkan sebagian besar data yang akan diakses oleh aplikasi. Jika anda salah dalam memanajemen database maka aplikasi akan berjalan lambat dan tidak stabil. Maka dari itu anda harus benar-benar memperhatikan hal ini jika anda ingin aplikasi yang anda buat dapat berjalan dengan baik. Salah satu database yang sering digunakan oleh programmer pemula maupun mahasiswa baru adalah mysql.

Mengenal lebih dalam apa itu MySql dan MySqli

Apa itu MySql

Seperti yang sudah saya bahas sebagian pada paragraf sebelumnya bahwa mysql adalah salah satu jenis database relasional atau sering disingkat RDBMS (Relational Database Management System) yang memiliki kinerja bagus disemua jenis sistem operasi. Karena pendistribusiannya secara gratis yaitu bersifat open source sehingga anda bisa menggunakannya secara bebas. Maka dari itu mysql paling banyak digunakan sebagai pembelajaran untuk membuat database bagi pemula baik di sekolah, kampus maupun yang belajar secara otodidak. Meski sifatnya yang gratis bukan berarti mysql ini tidak baik untuk digunakan. Sudah banyak contohnya perusahaan-perusahaan kecil, menengah sampai besar yang menggunakannya.

Baca juga: Belajar Mengenal Apa Itu RDBMS

Dari pertama kalinya diciptakan mysql selalu mengalami perbaikan baik dari segi performa maupun segi keamanannya. Sampai saat ini mysql terus mengalami perbaikan namun sekarang ini mysql sudah tidak lagi direkomendasikan untuk digunakan. Sebagai gantinya dan ini juga merupakan generasi mysql yang terbaru maka diperkenalkanlah MySqli.

Apa itu MySqli

MySqli merupakan sebutan untuk mysql versi terbaru yang sangat direkomendasikan untuk digunakan dalam pembuatan aplikasi maupun website. Saat ini bahasa pemrograman yang ada di dunia sudah mulai bermigrasi dari MySql ke MySqli. Contohnya saja jika anda membuat aplikasi web menggunakan bahasa pemrograman PHP versi 7 atau lebih dikenal dengan PHP7 maka anda harus menggunakan MySqli karena PHP7 sudah tidak mendukung MySql lagi.

Bagaimana performa MySqli dibandingkan MySql

Dari segi performa jelas lebih baik MySqli dibandingkan dengan MySql. Itu sebabnya jika anda ingin membuat program aplikasi komputer yang memiliki performa baik maka gunakanlah MySqli. Program aplikasi yang sudah menggunakan MySqli untuk databasenya maka program tersebut akan berjalan lebih stabil dan lebih cepat dalam memuat data-datanya.

Bagaimana Tingkat Keamanan MySqli dibandingkan MySql

Selain memiliki performa yang lebih baik, MySqli juga memiliki tingkat keamanan data yang lebih baik dibandingkan dengan MySql. Dengan adanya pembaruan dan migrasi dari MySql ke MySqli tentu saja akan didukung dengan peningkatan keamanan yang jauh lebih baik. Tidak ada suatu alasan bagi setiap vendor aplikasi mengubah versi aplikasinya bila tanpa adanya perubahan yang lebih baik dari sebelumnya.

Baca juga: Apa itu Mysql Workbench Beserta Fungsinya

Contoh dan perbedaan perintah MySql dengan MySqli

MySql dan MySqli memiliki perbedaan syntax atau perintah dalam penggunaannya. Untuk MySql hanya mendukung perintah-perintah native saja tetapi pada MySqli anda akan menemui dua jenis perintah yaitu native dan OOP (Object Oriented Programming). Karena fokus postingan ini hanya sekedar mengetahui apa itu MySql dan MySqli maka saya hanya akan memberikan beberapa contoh saja perintah MySql dan MySqli.

Kesimpulan

Dengan melihat perkembangan database mysql pada saat ini, maka anda sudah tidak lagi saya anjurkan menggunakan query mysql karena sudah tidak direkomendasikan oleh situs resminya sendiri. Sebagai gantinya anda bisa menggunakan query mysqli yang merupakan pembaruan dari mysql yang terdahulu.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan

Ada saran, kritik atau pertanyaan? Slahkan komentar