Kumpulan artikel islam terbaru Makna Qurrota A'yun

kumpulan artikel islam terbaru

Kumpulan Artikel Islam Terbaru "Makna Qurratu A'yun"

"Dan orang-orang yang berkata:"Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa."(Al-Furqan [25]:74)

Suatu hari Imam al-Hasan al-Bashri ditanya tentang ayat diatas. Ia lalu menjawab, "Semoga Allah SWT berkenan menampakkan pada seorang hamba ketaatan istrinya, saudaranya, serta anak-anaknya. Demi Allah SWT tiada yang lebih mahal dan teduh dalam pandangan seorang Muslim (qurratu a'yun) kecuali melihat orang-orang yang dicintainya juga taat beribadah kepada Allha SWT."

Ikrimah menambahkan, bukan kegagahan rupa yang menjadikan pandangan mata itu teduh, namun keteduhan itu diperoleh dengan ketaatan seorang hamba dan orang-orang yang dicintainya.

Selain menjadi harapan melihat ketaatan dari orang-orang yang dicintai, mereka juga pada dasarnya adalah objek dakwah yang paling dekat. Lebih jauh Sayyid Quthub menerangkan, keluarga memiliki hak yang paling besar mendapatkan dakwah dari seseorang dan hendaknya amanah itu ditunaikan sebelum ia dimintai pertanggungjawaban kelak. Allah SWT mengingatkan :
"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu..."(At-Tahrim [66]:6)

Tak heran Nabi Muhammad SAW bersedih hati ketika menyaksikan kematian Abu Thalib yang begitu tragis. Meski dengan gigih Nabi Muhammad SAW berusaha menuntun pamannya berucap kalimat syahadat. Tapi rupanya takdir berkehendak lain, Abu Thalib justru lebih memilih mati dalam keadaan kufur.

Nabi Muhammad SAW bersedih, sebab beliau sangat paham, apalah arti sebuah kebaikan jika tak berbalut dengan keimanan kepada Allah SWT. Nabi Muhammad SAW menyadari jika pundaknya memikul amanah untuk mendakwahi Abu Thalib, sosok pengganti kedua orangtuanya setelah mereka meninggal dunia.

Sekian dulu artikel islam dari saya, mudah-mudahan ini bisa menambah rasa syukur kita kepada Allah SWT dan juga bisa menambah wawasan kita tentang agama islam. Jika artikel ini bermanfaat bagi Anda atau Anda memiliki kritik maupun saran, silahkan tinggalkan komentar Anda pada kolom komentar dibawah.

Terimakasih Anda telah membaca Kumpulan artikel islam terbaru "Makna Qurratu A'yun". Untuk membaca artikel-artikel islam saya lainnya, silahkan lihat saja di perpustakaan Artikel Islam Terbaru.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan

Ada saran, kritik atau pertanyaan? Slahkan komentar